Boyband BTS kembali berhasil mencuri perhatian dunia. Setelah merajai tangga musik dunia, hilir mudik menjadi bintang tamu di berbagai acara bergengsi, hingga memenangi ragam penghargaan, kini grup musik asal Korea Selatan itu masuk daftar Forbes.
Baru-baru ini BTS masuk daftar tahunan Forbes 30 Under 30 Asia 2018 dalam kategori Entertainment & Sports. Prestasi ini dibuat untuk menyoroti 30 orang di bawah usia 30 tahun di Asia yang paling berpengaruh dalam masing-masing kategori.

Sebanyak 300 nama final dipilih dari sekitar 2.000 orang yang menjadi nominasi, dan BTS adalah salah satunya. Istimewanya lagi, mereka adalah satu-satunya musisi KPop yang masuk dalam daftar.

Beragam pencapaian besar berskala internasional pun dilakukan BTS hanya dalam kurun waktu setahun terakhir. Di antaranya memecahkan berbagai rekor musik di Korea Selatan hingga Amerika Serikat.

Tak hanya itu, BTS juga sukses merajai tangga lagu Billboard di sejumlah negara, memenangkan penghargaan Billboard’s Music Awards kategori Top Social Artist, menjadi artis KPop pertama yang tampil di American Music Awards, hingga muncul sebagai bintang tamu dalam program kenamaan Amerika “The Ellen Show” dan “Jimmy Kimmel Live!”.

“Kami hanya berharap, dengan [adanya] BTS, banyak orang di dunia akan merasakan hiburan dan ketenangan, juga dapat berbagi cerita mereka, entah itu besar atau kecil. Kami benar-benar ingin menjadi bagian dari dunia yang keren itu!” BTS menyampaikan melalui akun Twitter-nya.

BTS bukan hanya digemari ARMY biasa. Selebriti dan pesohor pun berebut berfoto dengan mereka saat bertemu di ajang penghargaan. Mereka yang mengaku jadi penggemar BTS termasuk John Cena, Backstreet Boys, Maroon 5, Camila Cabello, Steve Aoki, dan The Chainsmokers.

Saat pertama kali debut pada 2013, BTS dan Big Hit Entertainment selaku manajemen tak pernah membayangkan mereka akan berada dalam posisi ini. Idealisme bermusik mereka untuk konsisten menebar pesan positif ternyata membuahkan hasil. Lewat lirik lagu inspiratif, BTS melawan roman picisan yang kala itu mendominasi industri musik Korea Selatan.

Status BTS yang berasal dari agensi hiburan kecil membuat mereka diremehkan. Big Hit memang hanya punya dua artis termasuk BTS. Tapi saat ini, perusahaan tersebut jadi agensi dengan pemasukan terbanyak di Korea Selatan. Melampaui tiga agensi raksasa yang sudah menelurkan puluhan bahkan ratusan musisi.

 

 

Sumber : IDN Media

Gambar : Forbes