Pendiri sekaligus Chairman Alibaba Group, Jack Ma menyatakan mundur dari posisinya tepat di hari ulang tahunnya yang ke 55, Selasa 10 September 2019. Kabar ini sekaligus menegaskan pernyataan Ma beberapa tahun lalu, yang ingin meninggalkan perusahaan E-Commerce terbesar di China itu.

Saat Ma dan Alibaba Group menggelar acara di salah satu stadion kota Hangzhou China, dia menyatakan ingin fokus sebagai filantropis di dunia pendidikan. Selain ulang tahunnya, 10 September merupakan hari guru nasional di China, sehingga ia ingin menggunakan momen tersebut untuk menegaskan dirinya ingin kembali menjadi guru.

“Setiap guru selalu ingin siswanya lebih hebat dari mereka. Jadi ini adalah tanggung jawab bagi saya dan perusahaan untuk memberikan kesempatan bagi para pemuda yang lebih berbakat, untuk mengambil alih peran kepemimpinan”, kata Ma dalam pidatonya.

Meski melepas jabatan Chairman, Ma tetap berada dalam lingkungan Alibaba Group dengan menjadi mentor. Sedangkan, posisi Chairman akan diisi oleh Daniel Zhang yang juga menggantikan posisi Ma sebagai CEO Alibaba tahun 2013 lalu.

“Satu hal yang bisa saya janjikan kepada semua orang adalah Alibaba itu bukan tentang Jack Ma, tetap Jack Ma akan selamanya menjadi milik Alibaba”, tutup Ma dalam pidatonya.

 

Sumber: Kompas

Foto: Variety