Dini hari pada Rabu 11 September 2019 waktu Indonesia, iPhone resmi merilis seri 11, 11 Pro, serta 11 Pro Max. Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu ketahui mengenai smartphone tersebut.

Spesifikasi

iPhone 11
Penerus seri XR, masih dengan layar 6,1 inci Retina Display dengan desain yang hampir mirip.  Namun, Apple membuat varian warna baru yaitu ungu, putih, hijau, kuning, hitam, dan merah.

Tentu saja, selain itu terdapat peningkatan lainnya, yang pertama terjadi dari sisi cipset. Kali ini, iPhone menggunakan cipset A13 Bionik dengan fabrikasi 7 nm. Diklaim sebagai CPU dan GPU tercepat di smartphone.

iPhone 11 juga memiliki IP68 yang menandakan ketahanan air hingga 2 meter dalam waktu 30 menit.

Peningkatan lainnya juga berada dari sisi kamera. iPhone 11 dibekali dengan dual kamera 12 MP wide angle dan 12 MP ultra-wide camera yang mendukung 12x optical zoom. Kemudian ada pula fitur night mode, dan kemampuan merekam secara slow motion.

Baterai ponselnya juga diklaim 1 jam lebih tahan lama dibandingkan iPhone XR, dan untuk harganya dibanderol mulai dari US$699 atau setara dengan Rp9,8 juta.

iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max

iPhone Pro dan iPhone Pro Max hadir dengan tambahan kamera ketiga. iPhone 11 Pro memiliki layar  OLED 5,8 inci, sedangkan iPhone 11 Pro Max memiliki layar 6,5 inci.

Kamera ketiga ini adalah kamera ultra wide angle 12 MP dengan sudut pandang 120 derajat. Dua kamera lainnya adalah 12 MP Wide Camera dan 12 MP Telephoto Camera.

Selain itu, Apple juga menawarkan fitur komputerisasi fotografi yang disebut ‘Deep Fusion’, yang dapat menggabungkan sembilan gambar melalui machine learning.

Kedua ponsel dibekali dengan cipset A13 Bionic, meski iPhone 11 Pro diklaim empat jam lebih tahan lama dibandingkan XS. Sedangkan iPhone 11 Pro Max diklaim lima jam lebih tahan lama dibandingkan XS Max.

Untuk warna, terdapat pilihan midnight green, space gray, silver, dan gold dengan sentuhan warna matte pada bagian punggung ponsel.

iPhone 11 Pro dibanderol mulai harga US$999 atau setara dengan Rp14 juta, sedangkan iPhone 11 Pro Max dibanderol dengan harga mulai US$1099 atau setara dengan Rp15,4 juta.

Memangkas Harga iPhone Seri Lainnya

Di saat yang bersamaan, Apple mengumumkan telah menurunkan harga jual iPhone XR, dan iPhone lawas lainnya.

Untuk iPhone XR menjadi US$600 sekitar Rp8,4 juta dari US$750 atau sekitar Rp10,5 juta. Penurunan harga hampir Rp 2,1 juta ini menandakan iPhone XR akan berada pada jajaran ponsel termurah iPhone.

Sementara itu, harga iPhone 8 diturunkan ke harga US$450 atau sekitar Rp6,3 juta dari US$600 atau sekitar Rp8,4 juta.

iPhone 8 Plus juga diturunkan ke harga US$550 atau sekitar Rp7juta  dari US$700 atau Rp9,8juta. iPhone 8 sendiri merupakan model iPhone yang diluncurkan dua tahun lalu. Kedua versi iPhone 8 juga mengalami penurunan harga hampir Rp2,1 juta.
Melalui situs resminya, Apple telah meniadakan iPhone 7, iPhone XS, dan iPHone XS Max dari jajaran ponselnya. iPhone XS dan XS Max yang baru berusia satu tahun dihapus karena diduga memiliki desain yang hampir mirip dengan iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max.
Apple Juga Merilis Apple Watch 5 

Jam tangan pintar Apple generasi kelima ini desainnya sepintas menyerupai suksesornya, Apple Watch 4. Hanya dilakukan perbaruan dengan tampilan layar ‘Always-on Retina Display’. Layar akan selalu aktif sehingga tak perlu menggerakkan pergelangan tangan untuk melihat waktu.

Meskipun layar dibuat tetap aktif, Apple menyesuaikan mode kecerahan rendah ketika tidak digunakan. Namun ketika pergelangan tangan digerakkan maka layar akan terlihat lebih cerah.

Fitur kompas, panggilan darurat, dan sleep tracker (pelacak waktu tidur) pun sudah melengkapi Apple Watch 5. Selain itu, tersedia pula berbagai pilihan warna mulai dari silver, gold, space gray dengan material 100 persen aluminum daur ulang. Sedangkan bahan stainless tersedia dalam warna gold, space black, dan polished.

Apple Watch 5 sudah mulai bisa dipesan dan bakal tersedia di toko resmi Apple mulai tanggal 20 September 2019. Harganya pun dibanderol mulai dari US$399 atau sekitar Rp5,6 juta hingga US$499 atau Rp7 jutaan (US$1 = Rp14,042).

Sumber: CNN Indonesia
Gambar: Liputan 6